INSTALASI GIZI


Pelayanan Gizi rumah sakit bagi pasien rawat jalan dan pasien rawat inap untuk memperoleh makanan dan gizi yang sesuai guna mencapai syarat gizi yang maksimal. Pelayanan yang bermutu dirumah sakit akan membantu mempercepat penyembuhan pasien, yang berarti pula akan memperpendek lama hari rawat sehingga dapat menghemat biaya pengobatan. Keuntungan lain, jika pasien cepat sembuh adalah mereka dapat segera kembali mencari nafkah untuk diri dan keluarganya. Hal ini sejalan dengan perkembangan IPTEK di Bidang kesehatan, dimana terapi gizi sangat berperan dalam proses dalam kesembuhan pasien. Ruang lingkup kegiatan pokok pelayanan yaitu : 1. Penyelenggaraan makanan 2. Pelayanan gizi rawat inap 3. Pelayanan gizi rawat jalan 4. Penelitian dan pengembangan gizi Selain 4 kegiatan pokok, juga memonitor SPM (standar pelayanan Minimal) Instalasi Gizi selain setiap 3 bulan sekali. Standar Pelayanan Gizi Minimal dirumah sakit adalah suatu tantangan untuk memberikan pelayanan gizi rumah sakit yang berkualitas, standar pelayanan gizi rumah sakit dimaksudkan agar tersedianya panduan bagi rumah sakit dalam melaksanakan Perencanaan, Pengendalaian serta pengawasan dan pertanggung jawaban terhadap indikator mutu pelayanan gizi yang telah ditetapkan. Standar Pelayanan Gizi Minimal rumah sakit (SPM Gizi ) mencakup 3 indikator yaitu : 1. Ketepatan waktu pemberian makan kepada pasien yang sudah terjadwal. 2. Sisa makanan yang tidak termakan oleh pasien 3. Tidak adanya kejadian kesalahan pemberian Diit.