Inovasi RSUD Sungai Dareh

admin | Jumat, 17 September 2021 - 16:09:19 WIB | dibaca: 2101 pembaca

Salah satu pelayanan unggulan RSUD Sungai Dareh adalah pelayanan pasien cuci darah (haemodialisa). Jumlah pasien yang dilayani di unit haemodialisa berjumlah 46 orang dengan kapasitas tempat tidur sebanyak 10 TT, kunjungan rata-rata 2x seminggu sehingga dalam setahun mencapai angka kunjungan 4.487 kali. Dari 46 orang pasien yang melakukan kunjungan rutin ke unit haemodialisa sudah memiliki kartu JKN untuk mendapatkan pelayanan cuci darah, namun ada beberapa pasien yang terkendala dengan status ekonomi yang kurang mampu sehingga tidak ada biaya untuk transportasi ke RSUD Sungai Dareh. 

Kondisi ini menyebabkan pasien yang seharusnya cuci darah 2x semingu hanya mampu datang 3x dalam sebulan sehingga mengakibatkan kondisi kesehatan pasien semakin memburuk. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan diatas, RSUD Sungai Dareh membuat suatu kebijakan untuk membantu pasien yang kurang mampu agar dapat melakukan cuci darah secara rutin yaitu dengan melaksanakan layanan antar jemput pasien kurang mampu haemodialisa (Go_Pas Kurma Modis) secara gratis setiap hari Selasa dan Jumat.

Inovasi ini dilaksanakan sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) Goals ke 3 yaitu memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua untuk semua usia dengan melaksanakan layanan inovasi ini. 

Inovasi ini juga mendukung untuk mewujudkan misi Kepala Daerah yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan kesehatan dengan mendekatkan pelayanan cuci darah dan mendukung seluruh pogram-program yang telah direncanakan oleh RSUD Sungai Dareh.



Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)