INSTALASI LABORATORIUM KLINIK

A. Laboratorium Rawat Jalan


Persyaratan Pelayanan :

Persyaratan Pelayanan Pasien Poliklinik :

1. Surat permintaan Laboratorium dari dokter DPJP / Dokter Umum


Prosedur :



Waktu Pelayanan :

Waktu pendaftaran pasien : 1. Hari Senin s/d Sabtu


Biaya / Tarif :

Umum : Sesuai Tarif Perda Restribusi Tahun 2020

Produk :

Jasa Pelayanan Laboratorium :

1. Hematologi
2. Haemostatis
3. Kimia Klinik
4. Urinalisa
5. Serologi
6. Bakteriologi

Dasar Hukum :

1. Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Pasaman Barat di Provinsi Sumatera Barat;
2. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5038);
3. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 215, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5357);
4. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Sarana dan prasarana :

Sarana :

1. Ruang Phlebotomy
2. Ruang Laboratorium Central

Prasarana :

1. Komputer set
2. Meja dan kursi
3. Tempat tidur Phlebotomy
4. Kursi Phlebotomy
5. Mikroskop
6. Sentrifuge
7. Hematologi Analizer
8. Kimia Klinik Analizer
9. Heamostatis Analizer
10. Urininologi Analizer
11. Gane Expert

Kompetensi dan Jumlah Pelaksana :

1. Dokter Spesialis Patologi Klinik : 2 Orang
2. ATLM : 15 Orang

Pengawasan Internal :

1. Dilakukan penilaian kinerja dari atasan langsung secara berjenjang
2. Dilaksanakan secara berkesinambungan
3. Pengawasan pelayanan RS seperti Komite Mutu, PPI, Komite Medis, Komite Keperawatan dan Komite Nakes lainnya
4. Dewan Pengawas BLUD

Jaminan Pelayanan :

1. BPJS
2. Umum
3. Jasa Raharja
4. Jampersal

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan :

1. Surat Izin Operasional
2. Surat Izin Praktek / STR / SIPA
3. IPAL
4. SOP Pelayanan
5. SK Tim Keamanan Keselamatan Kerja
6. Code red and code blue
7. CCTV dan satpam

Evaluasi Kinerja :

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan melalui pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 dan evaluasi pegawai dengan Sasaran Kerja Pegawai (SKP).



B. Laboratorium Rawat Inap


Persyaratan Pelayanan :

Persyaratan Pelayanan Pasien Rawat Inap :

1. Surat permintaan Laboratorium dari dokter DPJP / Dokter Umum


Prosedur :



Waktu Pelayanan :

Waktu pendaftaran pasien : 24 Jam


Biaya / Tarif :

1. BPJS : Sesuai dengan tarif INA-CBG’s
2. Umum : Sesuai dengan tarif retribusi tahun 2020
3. Jasa Raharja : Sesuai dengan tarif retribusi tahun 2020
4. Jampersal : Sesuai dengan tarif INA-CBG’s

Produk :

Jasa Pelayanan Laboratorium :

1. Hematologi
2. Haemostatis
3. Kimia Klinik
4. Urinalisa
5. Serologi
6. Bakteriologi

Dasar Hukum :

1. Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Pasaman Barat di Provinsi Sumatera Barat;
2. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5038);
3. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 215, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5357);
4. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Sarana dan prasarana :

Sarana :

1. Ruang Phlebotomy
2. Ruang Laboratorium Central

Prasarana :

1. Komputer set
2. Meja dan kursi
3. Tempat tidur Phlebotomy
4. Kursi Phlebotomy
5. Mikroskop
6. Sentrifuge
7. Hematologi Analizer
8. Kimia Klinik Analizer
9. Heamostatis Analizer
10. Urininologi Analizer
11. Gane Expert

Kompetensi dan Jumlah Pelaksana :

1. Dokter Spesialis Patologi Klinik : 2 Orang
2. ATLM : 15 Orang

Pengawasan Internal :

1. Dilakukan penilaian kinerja dari atasan langsung secara berjenjang
2. Dilaksanakan secara berkesinambungan
3. Pengawasan pelayanan RS seperti Komite Mutu, PPI, Komite Medis, Komite Keperawatan dan Komite Nakes lainnya
4. Dewan Pengawas BLUD

Jaminan Pelayanan :

1. BPJS
2. Umum

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan :

1. Surat Izin Operasional
2. Surat Izin Praktek / STR / SIPA
3. IPAL
4. SOP Pelayanan
5. SK Tim Keamanan Keselamatan Kerja
6. Code red and code blue
7. CCTV dan satpam

Evaluasi Kinerja :

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan melalui pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 dan evaluasi pegawai dengan Sasaran Kerja Pegawai (SKP).