INSTALASI FISIOTERAPI

B. Pelayanan Fisioterapi


Persyaratan Pelayanan :

Persyaratan Pelayanan Pasien Umum dan BPJS :

1. KTP/SIM/Identitas lainnya
2. Kartu berobat RSUD Sungai Dareh
3. Permintaan Fisioterapi dari Dokter


Prosedur :



Waktu Pelayanan :

Waktu Pendaftaran :

1. Hari Senin s/d Kamis : Jam 08.00 – 12.00 WIB
2. Hari Jumat : Jam 08.00 - 11.00 WIB
3. Hari Sabtu : Jam 08.00 – 12.00 WIB

Biaya / Tarif :

1. Umum : Sesuai harga jual obat di apotik
2. BPJS Kesehatan : Sesuai dengan tarif INA-CBGs
Produk :

Jenis Pelayanan Fisioterapi

1. Electro Therapy
2. Exercise Therapy

Pengelolaan Pengaduan :

Contact person :

Candra Kirana, Amd.Fis
Nomor HP/WA : 085274662176

Dasar Hukum :

1. Undang-undang Nomor 38 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Pasaman Barat di Provinsi Sumatera Barat;
2. Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5038);
3. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 215, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5357);
4. Peraturan PAN RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.
5. Permenkes no 72 tahun 2016 tentang standard pelayanan kefarmasian di rumah sakit.

Sarana dan prasarana :

Sarana :

1. Ruang Fisioterapi
Prasarana :

1. Komputer set
2. Meja dan Kursi
3. Tempat tidur pasien
4. Bed traksi dan alat traksi
5. Stetoskop
6. Tensi meter
7. Infra red
8. Short Wave Diathery (SWD)
9. Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS)
10. Ultrasound Therapy (US)
11. Static Bycicle (Sepeda Status)
12. Gym Ball

Kompetensi dan Jumlah Pelaksana :

1. Dokter Spesialis Kesehatan Fisik dan Rehabilitasi Medik (SPKFR) : 1 orang
2. Tenaga Fisioterapis : 9 orang

Pengawasan Internal :

1. Dilakukan penilaian kinerja dari atasan langsung secara berjenjang
2. Dilaksanakan secara berkesinambungan
3. Pengawasan pelayanan RS seperti Komite Mutu, PPI, Komite Medis, Komite Keperawatan dan Komite Nakes lainnya
4. Dewan Pengawas BLUD

Jaminan Pelayanan :

1. BPJS Kesehatan
6. Pribadi (pasien umum)

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan :

1. Surat Izin Operasional
2. Surat Izin Praktek / STR / SIPA
3. IPAL
4. SOP Pelayanan
5. SK Tim Keamanan Keselamatan Kerja
6. Code red and code blue
7. CCTV dan satpam

Evaluasi Kinerja :

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan melalui pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 dan evaluasi pegawai dengan Sasaran Kerja Pegawai (SKP).